Tue. Oct 4th, 2022

Belajar Bahasa Jerman tidak lepas dari beberapa huruf Vokal uniknya yang memiliki titik dua di atas atau yang lebih kita kenal dengan sebutan (Umlaut) yakni ada a-Umlaut = ä , u- Umlaut = ü dan o-Umlaut = ö serta satu huruf unik tambahan yang disebut dengan esszet yaitu ß = ss. Dalam penulisan pada word atau beberapa media lain seperti Jamboard, E-Mail dan pengetikan lainnya pada laptop / komputer yang berbasis Windows pastinya akan mengalami kesulitan jika laptop tersebut tidak memiliki keyboard dengan berbahasa Jerman. Nah bagaimana cara mudah agar dapat mengetik huruf-huruf unik tambahan tersebut , silahkan di simak cara berikut ;

  1. Tekan ctrl + shift + : (control dan shift dan titik dua) secara bersamaan kemudian tekan huruf yang diinginkan seperti a, u, e, sehingga diperoleh bentuk umlaute yaitu ä, ü, ë.
  2. Alt + 132 untuk ä dan alt + 142 untuk Ä
    Alt + 148 untuk ö dan alt + 153 untuk Ö
    Alt + 129 untuk ü dan alt + 154 untuk Ü
    ALT + 225 UNTUK ß
    Catatan untuk short cut pada nomor dua harus menggunakan angka dibagian kanan atau aktifkan num lock dengan menekan fn + num lock
  3. Ubah settingan bahasa pada keyboard ke Bahasa Jerman dan pastikan harus tahu posisi keyboard dalam bahasa Jerman karena susunan huruf akan berbeda dengan keyboard versi English, contoh seperti huruf z dan y posisinya bertukaran. ( Khusus cara ini harus mempelajari terlebih dahulu model keyboard Jerman.)

Lalu bagaimana kalau OS nya Mac ? untuk yang memiliki OS Mac sebenarnya jauh lebih mudah dibandingkan Windows karena untuk OS Mac cukup menekan huruf a yang lama untuk huruf ä , kemudian menekan huruf o yang lama untuk memunculkan huruf ö dan juga pencet huruf u yang lama untuk memunculkan ü. Serta huruf s yang lama untuk memunculkan huruf ß. Prinsipnya hampir sama seperti penggunaan pada Handphone.

Demikian info memunculkan atau menuliskan huruf Umlaut pada OS Windows dan Mac. Semoga bermanfaat. Ketik di kolom komentar yaa kalau berhasil !

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.