8 Langkah Belajar di Jerman

0 Comments

Dari mencari program studi yang cocok hingga mendaftar di universitas Jerman. Jika kamu bertanya-tanya tentang apa yang perlu kamu lakukan untuk belajar di Jerman, dan masih bingung dengan banyaknya informasi yang tersedia tentang langkah apa yang perlu kamu ambil, ga salah lagi kamu berada di tempat yang tepat.

Kami telah menyederhanakan proses belajar di Jerman sebagai siswa internasional menjadi 8 langkah yang harus kamu lalui. Ikuti 8 langkah ini satu per satu untuk melacak di mana posisi kamu berada sekarang dan apa yang perlu kamu lakukan untuk mewujudkan impian mu belajar di  negeri Panser.

Proses aplikasi untuk belajar di Jerman:

  1. Temukan Program Studi.
  2. Memenuhi Semua Persyaratan.
  3. Pelajari Bahasa Jerman.
  4. Temukan Sumber Daya Keuangan.
  5. Terapkan Untuk Penerimaan.
  6. Dapatkan Visa Pelajar Jerman mu.
  7. Temukan Akomodasi.
  8. Mendaftar Di Universitas yang dituju.

1. Cari Program Studi

(Mulailah riset minimal 3 bulan sebelum memutuskan)

Menemukan universitas dan memilih program studi yang sesuai dengan minat mu adalah langkah awal untuk merencanakan studi mu di Jerman.

Ini seharusnya tidak menjadi masalah besar karena ada banyak universitas dan program studi yang tersedia – dan kualitasnya tidak diragukan lagi kelas dunia. Terlepas dari arah kehidupan yang ingin kamu tuju, pasti akan ada program studi yang sesuai dengan cita-cita belajar dan rencana masa depan mu.

Namun, mencari universitas dan program studi tentu membutuhkan waktu, jika kamu tidak terlalu memikirkan hal ini sebelum memulai proses aplikasi mu untuk belajar di Jerman. Banyaknya program studi yang tersedia bisa menjadi salah satu alasan kamu belum mengambil keputusan.

Kami menyarankan kamumemikirkan program studi setidaknya 3 bulan sebelum membuat keputusan akhir. Jangka waktu ini cukup untuk memungkinkan kamu memindai semua universitas Jerman yang menawarkan kursus yang berkaitan dengan bidang profesional mu.

Setelah kamu menemukan universitas Jerman tersebut, kamu dapat fokus pada daftar universitas yang lebih kecil yang tampaknya ideal untuk mu. Kamu dapat memutuskan untuk fokus hanya pada satu universitas atau mendaftar ke beberapa universitas yang paling kamu sukai untuk meningkatkan peluang mu untuk mendapatkan penerimaan.

Menemukan universitas dan program studi sangat penting karena menentukan segalanya.

2. Penuhi Semua Persyaratan

(Dua minggu sebelum aplikasi dibuka)

Sekarang setelah kamu memutuskan universitas apa dan program studi apa yang ingin kamu ikuti, kamu harus periksa semua persyaratan. Untuk tujuan ini, kamu memeriksa situs web universitas dan bagian persyaratan penerimaan mereka. Jika ada hal-hal yang kamu tidak mengerti jangan pernah ragu untuk menghubungi universitas secara langsung.

Persyaratan masuk berbeda tergantung pada universitas dan jenis program studi yang kamu pilih, jadi disarankan untuk membaca bagian persyaratan beberapa kali.

Waktu yang buruk dan dokumen yang hilang adalah masalah paling umum yang terjadi pada tahap ini dan keduanya dapat menyebabkan keterlambatan penerimaan atau bahkan penolakan aplikasi. Untuk menghindari kemungkinan tersebut kamu harus mempersiapkan dokumen-dokumen ini sejak dini.

Misalnya, duduk untuk kemahiran bahasa Jerman Tes standar, kamu perlu mengikuti kursus bahasa setidaknya selama tiga bulan. Jika kamu mulai belajar bahasa Jerman dari awal, dibutuhkan waktu lebih lama dari ini.

Legalisasi lebih lanjut dari dokumen kamu mungkin memiliki waktu pemrosesan yang sama hingga dikeluarkan. Jika terjadi penundaan sesekali karena proses, maka kamu harus mulai mempersiapkan dokumenmu setidaknya 4 bulan sebelum melamar di universitas tujuan mu.

3. Belajar Bahasa Jerman

(Mulai belajar 6 bulan sebelum aplikasi atau kursus dimulai)

Keberhasilan mu di universitas sangat tergantung pada kemampuan kamu dalam bahasa Jerman, bahkan jika program studi mu dalam bahasa Inggris sekali pun. Memiliki pengetahuan yang kokoh dalam bahasa Jerman menjamin mu akan memahami materi pelajaran, memahami apa yang diajarkan dalam perkuliahan sekaligus dapat mengekspresikan pikiran mu dengan baik.

Di Jerman, sebagian besar program sarjana diajarkan dalam bahasa ibu, sedangkan banyak program studi di tingkat akademik yang lebih tinggi diajarkan seluruhnya atau sebagian dalam bahasa Jerman. Selain di universitas, kamu akan sering harus berbicara bahasa Jerman dengan penduduk setempat. Maka dari itu penting ya… untuk kamu belajar Bahasa Jerman terlebih dahulu.

Belajar bahasa Jerman dari awal bisa jadi sulit, tetapi jika kamu mulai lebih awal, pada saat kamu datang ke Jerman nanti,  maka kamu akan berbicara bahasa Jerman dengan sempurna. Kami merekomendasikan untuk memulai setidaknya 6 bulan sebelum dimulainya kursus (atau sebelum aplikasi jika kemahiran bahasa Jerman adalah persyaratan) untuk mendapatkan pemahaman dasar bahasa Jerman.

4. Temukan Sumber Daya Keuangan

(setidaknya dua minggu sebelum kamu mengajukan permohonan visa pelajar Jerman)

Langkah selanjutnya adalah memastikan bahwa kamu memiliki yang diperlukan yakni sarana keuangan untuk tinggal dan belajar di Jerman. Berdasarkan undang-undang saat ini, setiap siswa asing non-UE atau non-EEA harus memiliki sarana keuangan yang layak untuk membiayai masa tinggal mereka di Jerman selama masa studi mereka.

Seorang siswa internasional di Jerman harus memiliki minimal €10,332 yang diperkirakan cukup bagi seorang siswa untuk menutupi biaya hidup untuk tahun pertama studinya. Jumlah uang ini perlu disetorkan ke Rekening bank diblokir Jerman.

Tip Penting: Untuk Meningkatkan Peluang Anda Mendapatkan Visa Pelajar, Anda Harus Menggunakan Akun yang Diblokir sebagai Bukti Sumber Daya Keuangan.

Rekening terblokir adalah jenis rekening bank khusus untuk siswa internasional di Jerman, untuk membuktikan bahwa Anda memiliki cukup dana untuk tinggal di Jerman selama satu tahun selama studi Anda.

Pada tahun 2021, diperkirakan mahasiswa asing di Jerman akan menghabiskan minimal €861 euro per bulan. Jadi, Anda harus memiliki €10.332 di rekening bank Anda sebelum mengajukan permohonan visa pelajar Jerman.

Tentu, bagi seorang mahasiswa, ini sejumlah besar uang dan membutuhkan waktu untuk mengumpulkan. Sangat disarankan agar kamu mulai menabung jauh-jauh hari sebelum memulai aplikasi universitas, kecuali jika kamu telah diberikan beasiswa dan menggunakannya sebagai bukti kemampuan finansial mu.

Biasanya, 6 bulan sebelum aplikasi mu akan cukup awal untuk mulai mengumpulkan uang ini dan dua minggu sebelum mengajukan permohonan visa pelajar mu, kamu harus menyetorkannya. 

5. Masukkan Lamaran

(Segera setelah kamu melengkapi persyaratan)

Setelah memeriksa ulang dokumen aplikasi mu, saatnya bagi kamu untuk mengirimkan lamaran. Aplikasi lamaran mu dapat dilakukan secara online, tetapi mungkin ada universitas yang hanya menerima aplikasi secara langsung atau melalui pos.

Hubungi universitas mu untuk melihat ke mana kamu dapat mengirimkan aplikasi mu. Sebagian besar universitas Jerman adalah bagian dari platform aplikasi online universitas nasional yang dikenal sebagai UniAssist. Selain itu, ada universitas yang menjalankan platform penerimaan online mereka sendiri di situs web mereka.

Perlu diingat bahwa universitas di Jerman adalah pusat bagi mahasiswa internasional dan komite penerimaan penuh dengan aplikasi asing. Memeriksa semua aplikasi membutuhkan waktu dan kamu harus mengirimkan aplikasi mu sesegera mungkin untuk memanfaatkannya.

Kamu harus mengirimkan aplikasi mu setelah panggilan untuk aplikasi dibuka dan kemudian menunggu surat penerimaan.

Tergantung pada tingkat studi yang kamu ikuti di Jerman, prosedur aplikasi mungkin akan sedikit berbeda.

6. Dapatkan Visa Pelajar Jerman mu

(Segera setelah kamu menerima surat penerimaan)

Jika kamu seorang siswa yang berasal dari non-UE dan negara non-EEA kamu harus mendapatkan visa pelajar Jerman.

Pada saat kamu mengumpulkan dokumen, kami sarankan untuk menghubungi kedutaan/konsulat Jerman secara langsung dan membuat janji temu visa.

Pastikan bahwa kamu telah mendapatkan sarana keuangan yang layak untuk belajar di Jerman. Salah satu cara termudah dan terbaik untuk meyakinkan pihak berwenang bahwa kamu memiliki cukup uang untuk menutupi biaya studi dan hidup kamu adalah dengan membuka apa yang disebut rekening bank yang diblokir.

Kami menyarankan untuk buka rekening bank yang diblokir dengan Fintiba. Fintiba adalah perusahaan Jerman dan secara resmi disetujui oleh Kantor Luar Negeri Federal Jerman.

Bersama dengan dokumen lain, kedutaan/konsulat Jerman di negara asal mu juga akan meminta kamu untuk mendapatkan polis asuransi kesehatan sebelum memberikan visa pelajar.

Sebagian besar siswa internasional di Jerman lebih memilih untuk mendapatkan asuransi kesehatan dengan DR-WALTER.

Tarif asuransi kesehatan EDUCARE24 by DR-WALTER cocok untuk kelompok orang berikut:

  • Mahasiswa pertukaran asing, mahasiswa bahasa dan mahasiswa yang berpartisipasi dalam kursus persiapan universitas (Studienkolleg)
  • Mahasiswa Universitas
  • Peserta dalam program pertukaran (misalnya ERASMUS, DAAD, SOKRATES)
  • Trainee
  • Mendampingi anggota keluarga

7. Cari Akomodasi

(Jika mungkin dua minggu sebelum kamu mendarat di Jerman)

Sekarang setelah kamu secara resmi diterima sebagai siswa di Jerman dan memiliki visa pelajar, kamu harus memikirkan tempat tinggal. Akomodasi di Jerman untuk siswa internasional tidak terlalu mahal, tetapi normal bahwa sebagai siswa asing, kamu harus berusaha untuk menemukan tempat yang paling sesuai secara finansial untuk mu.

Kami menyarankan kamu untuk memberikan prioritas yang layak dalam hal ini karena mungkin menghabiskan banyak waktu yang jika tidak kamu gunakan untuk belajar. Dengan mengingat hal itu, kamu dapat mencoba mencari akomodasi online sebelum mendarat di Jerman.

Pada akhirnya, jika kamu tidak menemukan sesuatu yang cocok untuk mu, setidaknya kamu memiliki daftar  yang dapat dihubungi untuk mengamankan akomodasi mu pada hari kamu mendarat di Jerman. Seperti langkah-langkah lain yang dijelaskan di atas, kamu harus mencari akomodasi segera setelah kamu mendapatkan visa pelajar mu. Sebaiknya dua minggu sebelum kamu mendarat di Jerman.

8. Mendaftar di Universitas tujuan mu

(Minggu pertama setelah tiba di Jerman)

Langkah terakhir untuk secara resmi diberikan tempat di universitas pilihan mu adalah mendaftar di program studi di mana kamu telah diterima. Dalam hal ini, proses pendaftaran membawa kamu dari pelamar yang berhasil menjadi siswa terdaftar di Jerman.

Pendidikan tinggi negeri di Jerman ditawarkan secara gratis, tetapi kamu masih harus membayar biaya pendaftaran yang berkisar antara €150 dan €250. Selain itu, kamu harus membayar tiket Semester mu untuk menggunakan transportasi umum gratis selama 6 bulan.

Untuk mendaftar di universitas kamu di Jerman, kamu perlu secara pribadi muncul di kantor administrasi universitas dan menyerahkan dokumen-dokumen berikut:

  • paspor yang berlaku
  • Pasfoto
  • Visa atau Izin Tinggal
  • menandatanganiFormulir Aplikasi
  • kualifikasi Degree (dokumen asli atau salinan resmi )
  • Surat Penerimaan
  • Bukti asuransi kesehatan di Jerman 
  • Kwitansi pembayaran

Setelah pendaftaran mu di administrasi, universitas akan mengeluarkan dokumen pendaftaran yang nantinya dapat digunakan untuk izin tinggal aplikasi dan kehadiran mu.

Catatan penting: Kamu harus mendaftar ulang setiap semester setelah menyelesaikan semester sebelumnya dan sekali lagi kamu harus menanggung biaya pendaftaran yang sama.

Selamat berjuang semoga artikel ini membantu Freunde kelas jerman.com


Leave a Reply

Your email address will not be published.